Monday, February 1, 2016

Review: MAP Emall


To be honest, PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) cukup telat meresmikan e-commerce produk fashion di bawah lisensi mereka. Sebagian produk fashion itu sudah bisa didapat melalui Zalora, seperti Mango dan New Look.

MAP menaungi brand fashion berikut: Mango, New Look, Nautica, Kipling, Marks & Spencer, Nine West, Rebecca Minkoff, Tumi, Crocs, Rockport, Spanx, Converse, Steve Madden, dan lain-lain. Brand yang biasa kita temukan di shopping mall besar, seperti Grand Indonesia, Plaza Senayan, Senayan City, Gandaria City, Central Park, dan PIM.

But it's better late than never right? Menyadari bahwa lebih menguntungkan dan less cost menjual produk secara online mandiri ketimbang titip jual di e-commerce lain, MAP launching MAP Emall pada akhir tahun lalu.

Semua produk fashion under MAP license bisa dibeli secara online dan free shipping fee! Harganya? Sama dengan harga di toko fisik tetapi sering ada additional discount untuk brand tertentu. Jadi, belanja lebih murah sedikit. Bahkan, MAP Emall masih memiliki stok barang, yang mungkin saja sudah sold out di toko.

Nggak hanya produk brand fashion buat cewek-cowok dan anak-anak, MAP Emall juga menyediakan produk travel, kecantikan, dan kelengkapan rumah, seperti kasur dan pernak-perniknya. Ada merek Crabtree & Evelyn, Sarange, IASO, King Koil, Tumi, Samsonite, dan lain-lain.

Tempo hari saya naksir shoulder bag warna camel yang lagi diskon di Mango, Grand Indonesia. Harganya Rp449 ribu dan gak ada di Zalora. Sempat galau dan pas balik lagi ke tokonya, tasnya udah nggak ada. Hiks.

Iseng lihat-lihat di MAP Emall, ternyata stok tas yang saya incar masih ada! Tetapi, saya akhirnya beli cross-body pebbled bag warna hitam. Pas banget lagi promo brand Mango dan dapat diskon tambahan 10%.

Pemesanan free ongkir tanpa minimum pembelanjaan. Ini salah satu nilai plus bagi e-commerce yang menerapkan free ongkir ini. Tentunya banyak customers yang tidak ingin dibebani biaya tambahan untuk ongkir kan? Saat ini, selain MAP Emall, ada Lazada, Sociolla, Blibli, dan Berrybenka yang free ongkir.

Begitu selesai check out, saya menerima email invoice pesanan dan cara pembayaran. Saya memilih metode transfer bank dan MAP Emall menyediakan empat rekening bank: Mandiri, BCA, BNI, dan CIMB Niaga.

Setelah transfer, jangan lupa melakukan konfirmasi pembayaran di website MAP Emall. Admin akan mengirimkan email jika telah menerima konfirmasi pembayaran kita. Sayangnya, tidak dikirimkan email jika pembayaran telah diverifikasi dan jadwal pengiriman barang. Ternyata, kita bisa track the order di web dengan input nomor pesanan.

Kiriman barang saya terima dua hari kemudian. Begitu saya melihat paket yang dikirimkan, oh my the box is so hugeee! Padahal saya hanya pesan satu bag kecil tetapi di-packing menggunakan kardus dua kali ukuran kardus Indomie! 




Tetapi, barang yang saya terima sangat sesuai dengan pesanan. Minusnya, tas Mango-nya tidak dilengkapi dengan dust bag. Jadilah saya masih menyimpan tasnya di kardus gede itu.

Pros:
+ Menawarkan banyak pilihan brand fashion under MAP
+ Harganya sama dengan harga toko tetapi bisa ada promo additional discount
+ Direktorinya cukup user friendly dan detail
+ Cara pemesanan cukup mudah
+ Ada empat rekening bank untuk transfer, selain pembayaran dengan CC
+ Bisa tracking the order via website
+ Free shipping fee! YAY!
+ Bisa return barang yang dipesan. Cek di sini policy-nya. 

Cons:
- The box is so huge, not carry friendly deh. Coba bisa di-resize ukuran kemasan barangnya
- Deskripsi size untuk produk tas tidak tersedia. Padahal penting banget untuk mendeskripsikan ukuran tas yang ingin dibeli
- Harganya bersaing ya. Namanya juga brand under MAP: Mango, Marks & Spencer, Toms, Crocs, Converse, Tumi, dan lain-lain.

Update:
MAP Emall juga menyediakan box merah untuk ukuran barang kecil hingga sedang. Box merah-nya bagus dan kokoh. Masih bisa dimanfaatkan kembali.






13 comments:

  1. Aku baru tau kalau ada map emall, thank you for sharing anyway

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga kalau postingan ini bikin mbak jadi tahu sama MAP Emall :)

      Delete
  2. Aman gak ya belanja di Mapemall sis? Kepengen beli kipling...cuma agak ragu secara saya baru dengar website ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, bro Chris. Trust me, MAP Emall terpercaya menjual barang original. Saya sudah empat kali belanja di sini: dua tas Mango, satu makeup pouch Mango, dan shoulder bag Lacoste. Jadi, barang dijamin asli dan dikirim ke customer. Happy shopping! :)

      Delete
  3. Sy belanja di mapemall kok blm dikirim" ya sis,baca review ig officialnya pada kecewa jd worry. Nlp cs ga diangkat,email ga dibales 😥😥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, mbak. Terima kasih sudah mampir ke blog post ini. So far, pengalaman belanja online di MAP Emall positif. Saya baru beli sandal Birkenstock dan dikirimkan sepekan setelah pembayaran, dipengaruhi long weekend lalu.

      Sayang sekali jika CS tidak responsif, saya baca komen di IG mapyourstyle. Semoga segera dikirim ya belanjaannya :)

      Delete
    2. Saya juga pengalaman buruk dengan mapemall. Pesan 12 item dari tanggal 1 Mei, barang tidak kunjung sampai.
      Saya email dan telp, selalu bilangnya sedang dalam proses, oleh karena itu saya memutuskan untuk membatalkan semua pesanan saya.
      Tanggal 16 Mei pihak mapemall telp untuk menginformasikan bahwa dari semua pesanan saya hanya 3 yang tersedia, tapi saya tetap sampaikan kepada mereka bahwa saya tetap membatalkan dan tidak bersedia menerima.
      Tgl 17 Mei, barang mapemall di kirimkan dan di terima oleh pembantu saya.

      Setelah menghubungi pihak mapemall, saya mengetahui bahwa harga barang2 yang di kirim ke saya tidak sesuai dengan pada saat saya pembelian pertama (discount dan voucher). Oleh karena itu saya tetap berniat untuk mengembalikan barang dan minta pihak mapemall untuk mengirim courier.

      Sampai hari ini (2/6) belum ada courier yang mengambil barang dan proses refund saya masih belum selesai.

      Sangat tidak profesional.


      Delete
  4. Hai mbak, saya juga lagi mupeng sama tas Airwalk di MAP emall nih, mau beli tapi ragu, tapi setelah baca post mbak ini saya jadi yakin buat beli hehe. Kalau masalah pengiriman sampai 2 minggu saya maklum untuk online store spt ini, krn saya juga sering belanja di gramedia.com dan sampainya memang agak lama.
    Oh ya mbak, setelah checkout, memang harus klik "Bayar Sekarang" lalu baru kita transfer uangnya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terima kasih sudah baca post ini. Pengalaman belanja setiap orang berbeda-beda, kalau ada yang bad experience, saya juga bingung mau komen apa. Kebetulan kenal dengan orang MAP dan saya sudah sampaikan semua keluhan pada blog ini. Semoga bisa diatasi.

      Setelah checkout, ada pilihan pembayaran, pilih yang dimau. Klik bayar sekarang dan tunggu sampai ada email notifikasi pembayaran dari MAP Emall.

      Delete
  5. Baru banget bayar buat 4 item. Tas mango, celana dan dress dr cotton on plus voucher MAP 50 k buat gift.
    Wish me luck, tp PD bgt klo bakalan satisfied 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Tari. Kadang MAP Emall kasih diskon sedangkan toko fisiknya enggak. Well, hope you are a satisfied customer :)

      Delete
  6. mba saya baru mau coba belanja di Map Emall, tapi saya bingung delivery to sama shipping to itu gimana? terus alamat penagihan juga, jangan2 saya ditagih lagi padahal udah bayar... mohon pencerahannya mba hehe

    ReplyDelete
  7. kemarin baru order sepatu, dan bayar pakai klik pay bca. di status pesanan tertulis "suspected fraud " maksudnya apa tuh?

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.