Monday, May 23, 2016

Review: Bukabuku


Siapa yang masih beli buku di toko buku konvensional? Mengapa tidak beli secara online padahal harganya lebih murah?

Saya sudah lama tidak beli buku di toko buku seperti Gramedia dan Toko Gunung Agung. Biasanya hanya mampir lihat-lihat buku terbaru dan berakhir membeli majalah.

Kenapa beralih dari conventional book store ke online book store? Alasannya hanya satu, harga yang lebih rendah dibandingkan dengan toko buku konvensional. Diskonnya bisa 20%!

Ada banyak toko buku online saat ini. Tetapi, hanya satu tobuk online yang menjadi andalan saya, yaitu Bukabuku. Saya malas coba-coba beli buku di tobuk online lain karena akan selalu kembali ke Bukabuku.


Konsep yang ditawarkan Bukabuku transparan. Maksudnya, Bukabuku selalu meng-update informasi pesanan buku kita secara rutin. Mulai dari menunggu pembayaran, menunggu verifikasi pembayaran setelah transfer, pesanan diproses, buku pesanan ready, dan siap dikirim.

Hal ini akan memudahkan kita memantau proses pesanan buku. Paling tidak, rasa khawatir buku pesanan tidak dikirim, sedikit berkurang. Biasanya pesanan agak lama diproses karena buku tidak tersedia di gudang Bukabuku melainkan gudang supplier. Akibatnya, perlu waktu untuk Bukabuku mendatangkan buku pesanan.

Bukabuku juga menginformasikan keberadaan buku pada website-nya, misal ada buku ready stock dan siap kirim dalam 24 jam serta buku yang tersedia di gudang supplier.

Beberapa kali buku yang saya pesan tidak tersedia alias out of stock meskipun status di website Bukabuku bisa dipesan. Pihak Bukabuku menghubungi saya, apakah bersedia menunggu lebih lama, mengganti dengan judul lain, refund, atau disimpan sebagai credit yang nanti bisa digunakan untuk pembelian berikutnya. 

Alternatif opsi ini sungguh solusi jitu yang bisa ditawarkan kepada pelanggan. Bukan sekadar bilang buku habis dan refund.

Berikut review belanja buku di Bukabuku:

Pros:
+ Buku yang dijual dijamin asli.
+ Harganya di bawah harga toko buku konvensional, diskon 20% untuk buku baru.
+ Koleksi buku update, terutama buku terbitan Indonesia.
+ Dipercaya banyak novelis dan publisher ternama untuk menyelenggarakan PO.
+ Sering promo diskon bahkan pernah sampai 90% untuk buku-buku terbitan lama.
+ Buku dikirim dengan kertas pembungkus kecoklatan dan dijamin nggak rusak.
+ Kadang suka kasih bonus pembatas buku.
+ Status pemesanan di-update rutin.
+ Beragam pilihan pembayaran.
+ Beberapa pilihan pengiriman 
bahkan bisa COD, saya selalu pakai yang termurah, yakni Rp7 ribu/kg area Jakarta.
+ Memberikan informasi perkiraan pengiriman pesanan.

Cons:
- Buku yang out of stock masih terpampang di website.
- Sedikit menjual buku impor.


18 comments:

  1. aku suka banget nih sama bukabuku karena harganya jauh lebih murah dibanding di offline bookstore. Ongkirnya pun murah bangeeettt. Aku pernah beli buku beratnya lebih dari 10 kg dan dihitung tarif flat cuma 7rebu. Laff laff banget deh pokoknya sama online bookstore satu iniihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss, mak! Gara-gara harga yang lebih murah itu bikin saya betah belanja buku di tobuk online :)

      Delete
  2. aku belum pernah beli buku online, pernah pesan tapi dibatalin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli di tobuk online, menang pada poin harga yang lebih murah, mak. Tetapi, saya masih suka ke tobuk konvensional buat killing time.

      Delete
  3. Saya juga langganan di bukabuku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeayyy, tobuk online andalan dibandingkan dengan tobuk online sejenis :)

      Delete
  4. Dulu sering sih, waktu zaman tampilan webnya gak kayak gini, terakhir beli disini tahun lalu kalau gak salah, sekarang lebih variatif ke tobuk mana aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Website Bukabuku ini emang ada improvement, tampilannya lebih user friendly dan koleksi bukunya cukup lengkap. Tetapi, kalau nggak nemu buku yang dicari, pilihannya ke tobuk online lain atau ke tobuk konvensional.

      Delete
  5. Buku2 indo lbh lengkap ya.. coba deh mw buka ntr. Au termasuk yg masih suka bgt baca buku real mba. Walopun mesennya online tp yg ptg hrs buku beneran, bukan e-book :p. Sakit mata kalo baca e-book.

    Selama ini br sekali pesen buku online gt. Memang praktis sih, tp ttp dtg k toko buku aku msh suka, apalg pas kangen ama wangi2 buku baru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, buku terbitan lokal cukup lengkap komplit terutama novel. Saya juga prefer baca buku fisik, belum pernah beli e-book. Datang ke tobuk fisik buat liat-lihat, killing time atau beli majalah.

      Delete
  6. kak kalo COD bayar ke kurir yang nganter buku kan ya?
    terus kalo kita beli yang diskon tapi sampe rumah waktu diskon sudah abis, kita bayar masih pakai harga diskon kan ya? hehe maaf bnyak tanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terima kasih sudah mampir. Saya belum pernah menggunakan layanan COD. Buat layanan COD kena ongkir lebih mahal, yakni Rp10 ribu. Harga diskon sepertinya diberlakukan saat kita bikin transaksi. Misal bikin order hari ini, dua hari kemudian diskon habis, ya tetap harga saat kita bikin order. Tetapi, kamu bisa tanya ke CS bukabuku.

      Delete
  7. Saya berencana beli buku di bukabuku.com. Ini kali pertama buat saya belanja online di toko ini, so saya banyak cari review. Sayang review Mbak Edwina tidak ditemukan di halaman awal-awal google search. Hampir semua review yang awal2 isinya "bad review". Saya keukeuh pengen dapet review baik ttg situs ini, secara memang harganya menggiurkan. Seneng ketemu review Mbak dan satu lagi review baik ttg situs ini. Jadi semangat pengen nyobain. Wish me luck, Mbak :) Oh ya, makasih atas reviewnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya sudah singgah di blog ini. Semoga membantu ya. Sejauh ini Bukabuku, tobuk online yang bikin saya selalu kembali buat belanja buku.

      Delete
  8. KLU AKU SIH KAPOK .... HARGA DISKON , BUKU JUGA GA BAGUS BANGET ... PACKING , KERTAS UDAH KUNING , BELUM PELAYANANNYA GAK JELAS N LAMAAAAAA BANGET .... KAPOK BELI DISINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, terima kasih atas komennya. Sayang sekali kamu mengalami masalah buruk dengan Bukabuku. Ini risikonya belanja online, mesti siap menghadapi kondisi seperti ini. Semoga Bukabuku mampu memperbaiki layanannya.

      Delete
  9. biasanya berapa lama ya kak untuk proses pengambilan bukunya? udah 1 minggu statusnya masih proses nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Charis. Prosesnya bisa lebih dari sepekan dan bisa lebih lama jika Bukabuku kirimkan email pemberitahuan apa kita masih mau menunggu atau cancel order. Kalau ngga mau nunggu lagi, ajukan saja cancel order. Uang yang sudah ditransfer bisa disimpan sebagai credit untuk pembelanjaan berikutnya atau ditransfer ke rekening.

      Delete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.