Tuesday, May 17, 2016

Travel Hacks: Tips Traveling Hemat ke Luar Negeri

Pict source here
Ada begitu banyak tips traveling ke luar negeri yang di-share para travel blogger atau backpacker. Ada yang applicable, ada yang kurang sesuai dengan personal style dalam bepergian.

Saya suka browsing tips atau rekomendasi hotel, wisata, dan kuliner sebelum bepergian ke suatu negara. Meskipun hanya ke Malaysia, Singapore, dan Thailand, saya ingin bikin itinerary yang worth it.

Saya berencana bepergian ke Hong Kong pada akhir tahun ini setelah tertunda pada tahun lalu. Pengen banget berkunjung ke Disneyland, impian sedari cilik.

Berawal dari percakapan sederhana dengan rekan kerja saya, sebut saja namanya Nuhu, saya tahu banyak travel hacks dari Nuhu, yang memang sudah berpengalaman traveling ke luar negeri.

Saya(S): Nuhu, lo kan pernah kerja di Hong Kong. Mending naik (pesawat) full service atau LCC?
Nuhu (N): LCC ajalah, ngapain full service?
S: Gue pengen nyaman nih dan pengen cepat sampai HK, kan 5 jam lumayan juga.
N: No need lah! Lo mending saving akomodasi supaya puas jalan-jalan di sana.
S: Maksudnya? Gue juga pengen nginep di hotel chain, paling nggak Ibis lah.
N: For what? Hotel cuma buat tidur kan? Cari yang murah ajalah.

Saya pun tertarik ngobrol lebih lanjut dengan Nuhu ini apalagi dia udah pernah tinggal di Belanda, Jerman, Malaysia, dan Singapore. Jalan-jalan aja udah ke Amerika, Eropa, dan udah haji pula.

Ini summary obrolan saya dengan Nuhu, yang selama ini traveling bersama ayah, ibu, dan adik perempuannya. Tips ini bisa applicable atau tidak, tergantung style teman-teman dalam bepergian.

1. Travel light
Saat Nuhu ke Eropa pas winter, saya kira bawaan dia akan banyak dan berat. Mesti pakai long coat dan boots. Ternyata, nggak demikian. Hanya perlu bawa satu long coat, sepasang boots, atasan thermal (nggak paham istilahnya), satu celana panjang, dan beberapa kaos.

Dari pengakuan Nuhu, dia tipikal yang "kelar pakai, langsung cuci" sehingga nggak perlu bawa banyak pakaian.

Nuhu hanya perlu dua koper besar untuk menampung pakaian empat anggota keluarganya. Setiap anggota keluarga masih bawa backpack ukuran sedang untuk personal needs.

Terus saya bilang, nggak bisa sesimpel itu karena pengen dong travel in style. Kapan lagi bisa foto ootd dengan background yang nggak akan ditemui di negara asal?

Nah, Nuhu againsts the travel in style concept. Tipikal orang Indonesia kalau jalan-jalan ke luar negeri, outfit mesti begini-begitu kayak Syah****. Just travel light selama nyaman dan pinter mix & match.

2. Budget flight & hotel
Si Nuhu ini punya orang tua yang terbilang mampu bayar tiket kelas bisnis untuk full service flight dan hotel bintang 4 atau 5. Tetapi, dia prefer naik LCC dan nginep pakai AirBnB.

Just be a smart traveler, akomodasi yang on budget supaya hemat. Bahkan jangan ragu pakai transportasi lokal, berbekal peta dan paket data. Alasannya, supaya bisa spending lebih saat berkunjung ke tujuan wisata, dapat banyak.


3. Bring and cook your own food
Percaya atau nggak, pos makan cukup menyedot budget traveling. Saat traveling ke manapun, Nuhu selalu membawa bahan makanan dari Indonesia, seperti mie instant, sambal, kecap, rendang, dan makanan berdaya tahan lama.

Oleh karena itu, keluarga Nuhu biasanya mencari penginapan yang ada dapur buat masak. Hostel boleh, apartemen OK banget. Mereka akan memasak makanan sendiri supaya tidak perlu makan di luar.

Jangan kaget, saat jalan-jalan pun, Nuhu menyarankan untuk membawa makanan sendiri alias bawa bekal. Pasalnya, harga F&B di lokasi wisata umumnya terbilang mahal dan jauh lebih hemat membawa bekal sendiri.

Kapan dong mencicipi kuliner lokal? Boleh saja tetapi frekuensinya harus lebih tinggi masak di penginapan dan bawa bekal.

4. Buy edible souvenirs
Menurut rekan saya, ketimbang beli oleh-oleh berupa gantungan kunci, magnet kulkas atau kartu pos, lebih baik bawain oleh-oleh makanan, yang pasti dimakan. Ukuran makannya pun yang sesuai dengan space yang tersedia dalam koper.

Sekian obrolan saya dengan teman saya Nuhu, yang menolak disebut travel expert meskipun udah traveling ke mana-mana. He chooses to stay humble, hehehe. Semoga bermanfaat bagi yang membaca. Ciao!


12 comments:

  1. Wah, bener banget tuh ya mbak. Biar jalan-jalannya semakin asik, makan, penginapan, akomodasi harus dihemat. Got it!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau semuanya terencana dengan baik dan kita sendiri mau berhemat, semua terasa efisien. Selamat liburan, mak!

      Delete
  2. Saya ada tuh ketika percakapanmu dengan Nuhu di atas berlangsung. Jadi kapan kita diajak jalan-jalan oleh Nuhu? #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, minta ditraktir jalan-jalan sama si Meneer, hehehe

      Delete
  3. Mksh atas sharringnya ya.. Benar juga prinsipnya sama kayak aku.. Hotel cuma buat tidur.. Mending cari penginapan krn sewanya gak mahal.. Uangnya bisa buat beli suvenir atau ongkos perjalanan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama kita nggak masalah dengan penginapan, selama aman, kamar mandi bersih, why not? Bisa dialokasikan ke pos-pos pengeluaran liburan lainnya :)

      Delete
  4. Saya setuju dengan ide bawain oleh-oleh makanan :D karena makanan khas suatu negara terkadang lebih unik dan jarang ada di sini kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak, terima kasih sudah mampir. Saya itu silent reader blog mbak. Bahkan yang cerita trip ke HK udah saya bookmark, hehehe.

      Delete
  5. saya setuju dengan ide menginap di hotel murah, karena kalau sudah travelling pastinya puas2in keliling kota atau city tour trus shopping, waktunya lebih banyak diluar hotel, sayang kalo hotel mahal2 tapi cuma ditiduri sebentar doang hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi, nggak masalah kamarnya pakai jendela atau enggak. Cuma ditinggali saat malam aja kok, hehehe

      Delete
  6. Benar sekali mba,,,menurut saya, hotel murah sama saja sama hotel mahal. yang penting tidur nyenyak. uang nya bisa kita subsidi ke hal2 yang menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu, mas. Asalkan lokasi hotelnya strategis, aman, kamar mandi bersih, hajar aja menginap di sana.

      Delete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.