Wednesday, July 27, 2016

#HKTrip: Hong Kong Disneyland Resort Hacks


Saya beruntung berkesempatan merayakan ulang tahun di salah satu tujuan wisata impian, Disneyland! Perlu waktu 29 tahun untuk merealisasikan mimpi tersebut. Alhamdulillah, i made it :')

Sudah banyak blog yang menulis review perjalanan mereka ke atraksi Disneyland pertama di Asia ini (yang kedua dan terbaru Shanghai Disneyland). Blog merekalah yang menjadi panduan saya ketika ke sini.

Saya akan sharing tips mengunjungi Hong Kong Disneyland Resort supaya waktu dan materi yang tersita menjadi lebih berarti.

1. Beli tiket di agen (saya pakai jasa Klook)
Believe it or not, harga tiket Disneyland di Klook bisa lebih murah Rp200 ribuan dibandingkan dengan membeli di website resmi. Saat kurs HKD1 = Rp1695, saya hanya perlu mengeluarkan uang Rp1,6 jutaan untuk 2 tiket 1-day sedangkan harga tiket resmi sekitar Rp1,8 juta.

Klook adalah website yang menyediakan travel deals di beberapa negara di Asia. Saya memesan semua tiket tujuan wisata di Hong Kong karena harganya lebih murah.

Pembayaran masih menggunakan CC atau Paypall. E-ticket akan dikirim by email atau via apps (kalau sudah install apps Klook). Saya print out tiketnya dan tinggal scan barcode di konter ticket redemptiom center, sisi kanan dari gerbang masuk Disneyland. Tiket asli seukuran name card keluar dari mesinnya.

Scan barcode di printout e-ticket di Ticket Redemption Machine

Tiket asli yang tinggal di-tap di pintu masuk
2. Bawa snack dan botol minum
Sudah jadi rahasia umum kalau harga makanan dan minuman di Disneyland HK mahal, rata-rata di atas HKD100 untuk makanan dan HKD28 untuk sebotol air mineral, soft drink HKD30, dan ice cream bentuk karakter Disney HKD40.

Saya mencoba menyelundupkan dua potong roti Maxim's Bakery yang dibeli di stasiun MTR Central dan sebotol air mineral ke dalam backpack. Saat pemeriksaan di gerbang masuk, tas hanya dilihat bagian dalam dan bagian dasar tas ditekan-tekan. Kedengeran lah itu krek-krek suara botol plastik. Tetapi, saya lolos aja tuh.

Kalau terpaksa beli minum air mineral di sana, botolnya jangan dibuang karena bisa refill. Caranya, cari drinking fountains yang biasanya terletak di area sekitar toilet. Kita bisa minum langsung atau mengisi air ke botol. Jangan malu, banyak kok yang melakukan.

Daftar lokasi drinking fountains di Hong Kong Disneyland Resort
Kalau masih lapar dan harus makan di salah satu resto, saya rekomendasikan makan di resto Starline Diner, area Tomorrowland. Harga menu paket termurah HKD99 berupa nasi, grilled chicken breast berlumur saus ala Bolognaise, dan soft drink. Bukan resto yang dicap halal sih tetapi inilah makanan berat termurah.

Kalau mengutamakan halal, ada resto Tahitian Terrace di area Adventureland dan resto Explore's Club di area Mystic Point. Well, harganya di atas HKD100 ya, makanan saja belum termasuk minuman.

3. Ambil peta dan jadwal pertunjukan Disneyland
Yap, kedua benda ini sangat membantu kita dalam menentukan prioritas atraksi yang ingin disambangi. Peta ini tersedia di tidak jauh dari pintu masuk Disneyland dan tersedia dalam beberapa bahasa.

Informasinya sangat jelas, termasuk icon direktori dan maknanya. Adapun lembaran jadwal pertunjukan menjadi panduan jika ingin menonton live attraction, informasi resto yang tutup atau jam operasional wahana, serta jadwal parade.

4. Bawa payung, topi, handuk, sunblock dan baju ganti
Kebetulan pada pertengahan Juli ini, cuaca Hong Kong lagi panas-panasnya. Bayangkan suhunya berkisar 33-35 derajat Celcius! Panas terik dan bikin banjir keringat!

Saya ke Disneyland tanpa bawa topi, payung, atau baju ganti. Hanya modal kacamata hitam. OMG! Itu menyiksa banget, badan kemerahan dan terasa lengket. Sebelum masuk MTR buat pulang, saya dan suami semprot-semprot body spray supaya nggak bau. Tahu kan aroma baju bau keringat dan lembab?

Kalau kegerahan, kami akan melipir ke toko souvenir karena AC-nya adem atau masuk ke wahana indoor.

5. Tahan godaan beli souvenir
Alasannya, mahal gilak! Tetapi, kalau memang ingin beli dan nggak khawatir spend much sih ya terserah. Saya sih tight budget sekali makanya nahan banget biar ngga belanja.
Harga souvenir termurah berupa pinsil seharga HKD38, magnet bervariasi HKD45-HKD75, gantungan kunci HKD65-HKD98, mug HKD105, bando HKD120an, dan kaos di atas HKD200.

6. Pastikan Octopus card fully loaded
Ketika tiba di Hong Kong, hal prioritas yang perlu dilakukan adalah membeli Octopus Card, yang menjadi alat transaksi naik transportasi umum di Hong Kong dan bisa dipakai berbelanja seperti di 7-11.

Minimal saldo Octopus Card yang disiapkan untuk ke Disneyland minimal HKD80. Pasalnya, tarif MTR ke Disneyland minimal di atas HKD20 untuk sekali trip dari stasiun MTR manapun.

Selain itu, nggak perlu repot antri beli tiket manual di loket tiket. Antrian di Hong Kong itu agak gila, banyak sekali orang di mana-mana dan antrian selalu panjang.

7. Bawa powerbank atau baterai kamera cadangan
Hal ini penting karena bakal seharian di Disneyland dan nggak mungkin buang waktu nongkrongin colokan. Sayang duit tiketnya, hehehe. Selain itu, banyak sekali spot kece buat foto. Nggak mau kan baterai hp mati, nggak bisa foto-foto.

8. Jika berulang tahun, datang ke City Hall
Saya baru tahu ada special treat buat yang berulang tahun. Caranya, datang saja ke City Hall atau semacam kantor customer service dan sebutkan kalau sedang berulang tahun. Apa tuh special treat-nya? Taraaaaa dikasih pin Disneyland, hehehe. Lumayan sekali dapat souvenir gratis tanpa beli :)


9. Wifi tersedia di seluruh area Disneyland
Salah satu yang saya suka dari Hong Kong adalah wifi gratis dengan akses cepat di area publik. Bahkan saya tidak jadi menggunakan sim card HK yang saya beli di Klook. Jadi, eksis di sosmed tetap bisa lanjut selama di Disneyland.

Nah, wifi bisa diakses selama berada di area terbuka. Artinya, kalau lagi ngantri atau lagi di dalam area wahana, akses wifi TIDAK tersedia

10. Manfaatkan Disney's FASTPASS
Ketika saya ke Disneyland, FASTPASS hanya tersedia pada dua wahana: Hyperspace Mountain di Tomorrowland dan The Many Adventures of Winnie the Pooh di Fantasyland. 

Apa sih FASTPASS itu? FASTPASS ini semacam kartu masuk untuk mempersingkat antrian. Ada keterangan waktu berlaku FASTPASS untuk suatu wahana. Jika waktunya cocok, masukkan tiket masuk Disneyland ke mesin FASTPASS. Nanti akan keluar tiket FASTPASS dan masa berlaku, yakni satu jam.

Nah, kita bebas ke mana saja dulu dan kembali lagi ke wahana tersebut jika mendekati waktu berlakunya FASTPASS. Nggak perlu ngantri lama untuk bermain di wahanan tersebut. Tetapi, selama jam berlaku FASTPASS wahana tersebut, kita tidak bisa mengambil FASTPASS untuk wahana lain.

Tetapi, sebelum semangat ambil FASTPASS, cermati dulu panjangnya antrian masuk wahana. Kalau antrian tidak terlalu mengular dan pergerakan cukup cepat, tidak perlu ambil FASTPASS. Saya sempat ambil FASTPASS untuk Hyperspace Mountain tetapi tidak jadi digunakan karena antrian tidak mengular.



6 comments:

  1. Waaah aku belum pernah ke Disneyland HK.

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Terima kasih sudah mampir ke blog saya :)

      Delete
  3. Klo lagi ultah grats gak mb masuknya....katanya gratis

    ReplyDelete
  4. Klo lagi ultah grats gak mb masuknya....katanya gratis

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.