Monday, July 18, 2016

Review: Crazy Rich Asians

Credit here
Informasi buku:
Judul: Crazy Rich Asians (Kaya Tujuh Turunan)
Penulis: Kevin Kwan
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Bahasa: Indonesia
Halaman: 480
Dimensi: 150mm x 230mm
Beli di: Bukabuku, Gramedia

Saya tertarik membeli buku ini karena Ika Natassa! Saban hari, penulis novel "Critical Eleven" ini nge-twit sedang membaca buku ini. Awalnya, sang publicist Ika, Odie juga pernah membahas buku ini, yang menurut dia memiliki cover lebih menarik dibandingkan dengan cover buku aslinya yang berbahasa Inggris.

Buku terjemahan bahasa Indonesia baru dipasarkan pada Juni 2016. Saya akhirnya membeli buku ini tanpa ekspektasi apa-apa. Siapalah dia Kevin Kwan, penulis buku fiksi ini?

Cover bukunya memang outstanding. Warna merah menyala, dengan font yang berhias naga, dan wajah perempuan berpenampilan chic.

Ternyata, buku ini tipikal genre favorit saya! Drama horang kayah: harta, tahta, skandal, drugs, anak-anak manja, high fashion, dan luxurious over the top lifestyle.

Kalau suka baca seri Shopaholic atau versi lokalnya klan keluarga Hanafiah karya Sitta Karina, pasti akan jatuh cinta dengan novel karya penulis yang pernah berdomisili di Singapura ini.

Ceritanya mayoritas ber-setting di Singapura, setelah itu Hong Kong, Shanghai, USA, dan Paris. Ada unsur proximity dengan Indonesia karena penulis menyelipkan sedikit kata terkait "Indonesia".

Gaya bertutur Kevin Kwan itu mengalir apa adanya. Dialognya bernada sarkas, nyinyir tetapi tetap enak dibaca. Coba saya baca versi bahasa Inggris ya tentu lebih "dapet" makna sarkasme-nya.

Berkat membaca buku ini, saya mendapatkan insight tentang kultur dan budaya orang Cina, terutama yang tinggal di Singapura. Bahkan istilah atau bahasa slang dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Buku ini bercerita tentang drama orang kaya keturunan Cina. Orang kaya yang kayanya gila-gilaan. Drama yang menyeret perempuan American born Chinese (ABC) Rachel Chu dan kekasihnya Nicholas "Nick" Young, laki-laki klan Young, orang kaya banget dari Cina Peranakan.

Menariknya, buku ini tidak hanya mengisahkan kisah cinta Rachel-Nick yang ditentang oleh keluarga besar Young tetapi juga orang-orang di sekitar mereka dan skandal yang dialami.

Memang ada banyak tokoh dalam buku ini tetapi karakter mereka kuat dan nggak bikin kehilangan fokus. Karakter tambahan inilah yang bikin drama makin berbumbu, getting juicier and flavorful. Yummy!

Kevin sangat detail mendeskripsikan para karakter dan background dalam novel. He did mention some well known designer but lots didn't ring any bells for me. Kevin tahu banget designer yang khusus melayani pelanggan eksklusif, kaum jetset yang kadang nggak ingin diekspos media. Makanya namanya asing banget bagi saya.

Saat ini saya sedang membaca seri lanjutan Crazy Rich Asians yang berjudul China Rich Girlfriend tetapi masih versi bahasa Inggris. Saya membeli di Mataharimall seharga Rp85 ribuan karena sedang diskon. Review menyusul ya!

I am so excited to watch Crazy Rich Asians' movie adaptation, maybe in 2017. Even better, Kevin Kwan is in the progress in making the last installment of the trilogy, will be titled "Rich People Problems". YAYYY!!!


8 comments:

  1. Ih kereeeen .. mupeng pingin baca jadinya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Worth to buy and read, mak. Saya suka dan nungguin banget seri ke-3

      Delete
  2. baru baca sinobsis singkat gini aja aku udh pgn beli bukunya.. suka baca2 buku yg bertema gini mbak.. kadang jd kebawa bgt ama ceritanya :D.. buku klan hanafiah fam ama shopaholic itu jg fav ku bgt.. suka kebawa envy juga sih kdg baca ceritanya ;p, tapi lbh srgnya malah jd geli sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss sesama penyuka buku genre ini, XD

      Delete
  3. sepertinya ceritanya menarik ya mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti membaca sinetron orang kaya banget dari Singapura, mak XD

      Delete
  4. buku tentang crazy life, rich, gaya2an yg aku pernah baca dan suka itu Miss B series karya Fira Basuki. Apakah buku ini berbumbu2 sepeti punya Fira atau lebih gahar ya mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah baca seri Miss B-nya Fira Basuki sehingga belum bisa komen nih. Yes, lifestyle jetsetter banget dari Singapura.

      Delete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.