Thursday, November 24, 2016

Tips Review Beauty Products dengan Budget Terbatas


Seorang cewek bertanya pada seorang beauty blogger kondang pada suatu forum beauty enthusiast, bagaimana cara menjadi seorang beauty blogger dengan budget pas-pasan?

Jujur, saya tertegun ketika membaca pertanyaan si cewek pada artikel tanya-jawab dengan sang beauty blogger kondang. Tetapi, jangan-jangan memang ini masalah klasik yang dihadapi oleh beauty blogger pemula: masalah finansial.



Berkat pertanyaan si mbak yang bikin saya tersentil, saya ingin berbagi tips menjadi beauty blogger dengan budget terbatas. Ini berdasarkan pengalaman pribadi ya, silakan disimak!

1. Beli sample/trial/share size atau preloved
Ini adalah cara efisien dalam membeli produk makeup atau skincare karena harganya lebih murah dibandingkan dengan membeli full sized products. Selain itu, membeli sample/trial/share size ini meminimalisasi kerugian jika produknya tidak cocok dengan kita.

Dengan menggunakan produk ini meskipun dalam jumlah tidak banyak, kita tetap bisa berbagi review pemakaian produknya, ya kan?

Jangan malu dan ragu membeli preloved makeup. Selama isi kemasan dan harganya masih wajar, kadaluarsa masih lama, sah-sah aja kok membeli preloved items dengan harga miring.

2. Ikutan giveaway
Kalau tips yang ini, faktor luck jadi penentu. Caranya, follow akun media sosial beauty blogger atau vlogger, brand makeup dan skincare dan media khusus perempuan. Mereka sering lho mengadakan giveaway. Ada yang pemenang dipilih secara random, ada juga yang menuntut kreativitas.

Tetapi, jangan patah semangat! Tetap rajin ikutan giveaway, siapa tahu Dewi Fortuna lagi berpihak ke kamu dan dapat produk gratis deh!

3. Gabung komunitas beauty enthusiast
Saat ini, ada beberapa komunitas dan portal beauty enthusiast yang eksis dan dipercaya bekerja sama dengan brand kosmetik dan skincare ternama. Sebut saja komunitas Indonesian Beauty Blogger, Female Daily, dan Clozette Indonesia. Ada juga Face to Feet dan terbaru eBLUSH.

Keuntungan bergabung sebagai member komunitas dan portal tempat berkumpulnya beauty enthusiast ini adalah beredarnya informasi review produk, giveaway, dan event.

Female Daily dan Clozette Indonesia terbilang sering memberikan produk makeup atau skincare gratis kepada member yang terpilih. Sebagai gantinya, mereka meminta kita untuk menulis review produk baik di website, blog pribadi atau media sosial.

Selain itu, Female Daily dan Clozette Indonesia sering mengadakan acara yang nggak jauh-jauh dari beauty. Kadang acaranya harus bayar registrasi (berkisar Rp50ribu-Rp100 ribu) bahkan gratis. Biasanya sih, kelar mengikuti acara, kita akan menerima goodie bag berisi produk, yang tentunya bisa di-review dan disebarkan melalui blog.

4. Ikut beauty workshop
Thanks to the internet! Banyak info beauty workshop tersebar melalui media sosial: Instagram, Twitter, dan Facebook. Nah, beauty workshop ada yang gratis tetapi seringnya sih berbayar. Untuk yang satu ini, memang harus merogoh kocek karena sifatnya terbatas supaya lebih private dan intimate. 

Tinggal kita pintar-pintar memilih beauty workshop yang sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial. Female Daily, Clozette Indonesia, Cleo Magazine, Grazia Magazine, Orami, dan Face to Feet cukup sering mengadakan beauty workshop. Brand makeup seperti Make Over, Emina Cosmetics, Laneige, Too Cool for School, termasuk brand yang sering mengadakan beauty workshop. 

Informasi workshop biasanya disebarkan melalui akun media sosial, seperti Instagram. Pastikan kamu follow mereka ya!

Lagi-lagi para peserta umumnya tidak pulang dengan tangan kosong. Sudah dapat ilmu dandan, masih bawa pulang goodie bag berisi produk.

5. Berburu diskon
Pasti semua punya online shop atau e-commerce favorit buat belanja makeup dan skincare secara online. Nah, jangan lupa berlangganan newsletter supaya mendapat informasi terbaru, terutama promo dan diskon. 

Sociolla termasuk salah satu online shop yang nggak pelit mengadakan promo baik diskon langsung, kode voucher, atau penukaran poin. Pantengin juga Sephora online karena juga suka diskon untuk season tertentu, yang terdekat sih diskon Black Friday ya.

Ada yang punya tips menjadi beauty blogger dengan budget terbatas? Yuk, sharing di sini.


*Main image from here.

30 comments:

  1. gw tau Win caranya biar jadi beauty blogger tapi budget terbatas...

    ngintilin Dimas Kanjeng aja, sapa tau duit kita bisa digandain sama dia. HAHAHAHHAHAHAHA


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana cobaaaa, Dimas Kanjeng udah di-bui! Hahahaha.

      Delete
    2. loh belum tau ya kalo kekuatannya sedang dalam proses ditransfer ke diriku? xD

      Delete
  2. Aku pernah review beauty win, alay tapinya.. Udah lama hahaaa
    Kpengen lagiiii...
    Bener banget ya, preloved item ngebantuu budget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, iya gpp kok, mba Uci. Dilatih aja nulis review-nya. Aku juga belajar banget pas nulis #SelasaCantik di blog Icha.

      Delete
  3. Wah enaknya emang review barang dpt gratis ya, tapi ttp sih jd biyuti blogger hrs pnya produk dr kntong sendiri dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, mbak. Nggak instant, pasti mesti beli produk dari kantong sendiri. Yang gratis atau di-endorse pasti udah melalui masa-masa modal sendiri, hehehe.

      Delete
  4. aku pun salah satu beauty blogger kere hahaha.. cara ngakalinnya ya aku jujur aja di blogku bahwa aku seringnya review produk yang harganya kantong mahasiswa banget lah.. sebenernya bukan hal yang memalukan kan review produk kecantikan yang harganya 12 ribu aja? soalnya jadi beauty blogger gak selalu harus review produk high end..

    http://www.fujichan.net/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya, bener tuh sama trik kamu. Tentukan segmen pembaca blog yang ingin dibidik. Bagus tuh mbak memilih segmen mahasiswi :)

      Delete
  5. dan akupun salah satu beauty blogger kere ! aku suka dapetin produk beauty berkat giveaway hunter. wkwkwkkwwkw entahlah tanpa giveaway blog ku kayaknya hampa akan review an. xD

    deprut.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuuu, nggak usah ragu rajin ikut giveaway. Siapa tahu rejeki kan?

      Delete
  6. Dengan gabung komunitas banyak membantu lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nambah networking juga kan dengan gabung komunitas :)

      Delete
  7. Replies
    1. Terima kasih sudah mampir, mbak. Semoga bermanfaat :)

      Delete
  8. Waah... Banyak cara rupanya ya untuk mengatasi masalah budged...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak dan bisa diterapkan juga, hehehe.

      Delete
  9. ikut komunitas membantu banget untuk info dan acara dari brand hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain itu nambah teman juga kan dari komunitas

      Delete
  10. Kalau aku sih sebagai beauty blogger budget pas - pasan ya agal tricky. Jangan berharap langsung review produk mahal. Beli aja produk lokal murah. Banyak kok yang cari review nya, semurah apa pun itu :D

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Vina. Harusnya realistis aja dulu, toh pasti ada yang baca, ada segmennya. Sekarang konsumen udah pinter, nggak mudah kemakan iklan. Pasti akan cari review-nya dulu.

      Delete
  11. Naaaaaah nemu juga tips ini..aku juga pengen jadi beautyblogger mbak,tapi ya itu kendala keuangan siih.
    Makasih lo tipsnya...
    Beli sample product emang tips yg super.hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, terima kasih sudah mampir. Awalnya memang modal sendiri dulu. Siapa tahu berkat konsistensi dan kualitas tulisan, kamu bisa review produk secara gratis :)

      Delete
  12. saya dulu suka ngereview-in produk yang saya pake sendiri. Kadang kalo ada temen yang emang beauty blogger beneran, saya suka numpang icip-icip untuk bikin review, tapi malah kebanyakan jadi kepincut terus beli sendiri.... #tetepboros

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, asalkan ngga bikin bokek akhir bulan ya. Kalo nggak, boleh lah jajan kosmetik jalan terus XD

      Delete
  13. walaupun misal ada budget aku juga gag bisa jadi beauty blogger huhuhu soalnya aku orangnya setia banget ama product mbak, kalau udah suka bisa ampe stok 5 pcs gag mau ganti-ganti. makanya salut euy sama bbloger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, tetap bisa kok menulis review. Justru kamu bisa meyakinkan orang alasan kamu setia dengan produk itu.

      Delete
  14. beberapa kali dapat kosmetika dari event tapi bingung makainya, kalau mau jualin preloved di grup apa ya mbak utk kosmetika gtu? #malahnanya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, mbak April. Coba jadi member Female Daily dan aktif di forumnya. Ada thread buat preloved kosmetik kok :)

      Delete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.