Tuesday, January 31, 2017

7 Alasan Menggunakan Kosmetik Lokal


Seiring dengan berkembangnya inovasi dan tren kecantikan di luar negeri, ternyata turut berdampak pada geliat industri kosmetik lokal. Dalam beberapa tahun terakhir, mulai bermunculan brand kosmetik indie karya anak bangsa. Pemain bisnis kosmetik lokal pun semakin beragam, nggak melulu didominasi produsen kosmetik besar maupun brand kosmetik asing.

Coba, cek isi makeup pouch. Ada berapa lip cream yang kamu punya? Berapa jumlah lip cream yang diproduksi oleh brand lokal? Dominan? Luar biasa! Itu artinya, kosmetik lokal mulai diperhitungkan sebagai alternatif utama substitusi kosmetik brand asing yang masih diimpor.

Menurut Kementerian Perindustrian (Kemenperin), industri kosmetik menjadi salah satu Industri Andalan, yaitu industri prioritas yang berperan besar sebagai penggerak utama (prime mover) perekonomian. Namun, kosmetik lokal bersaing sengit dengan brand kosmetik asing yang melihat Indonesia sebagai pangsa pasar potensial. 

Hal ini lumrah karena berdasarkan survei Euromonitor International, negara-negara berkembang berkontribusi sebesar 51% bagi industri kecantikan global, termasuk di antaranya Indonesia yang memiliki pasar yang dinamis di kawasan Asia Tenggara. (Sumber: SWA)

Tidak heran jika pangsa pasar produk impor menguasai sebesar 60% dari total pasar domestik senilai Rp15 triliun. (Sumber: Kemenperin)

Produsen kosmetik lokal nggak bisa berdiri sendiri bersaing dengan brand asing. Kita sebagai konsumen juga berperan mendukung geliat industri kosmetik lokal.

Sudah saatnya kosmetik buatan Indonesia menjadi tuan rumah di negerinya sendiri. Yuk, simak tujuh alasan menggunakan kosmetik yang diproduksi oleh perusahaan kosmetik lokal!

1. Harga terjangkau dan bervariasi
Ini perbedaan signifikan antara kosmetik lokal dibandingkan dengan kosmetik brand asing atau impor. Harga yang terjangkau bikin pengeluaran budget kosmetik jadi lebih ramping.

2. Produsennya jelas
Banjirnya produk kosmetik impor/asing bikin kita perlu berhati-hati dalam mengecek validitas produsennya. Hal ini berkaitan erat dengan kosmetik impor yang dipalsukan. Amit-amit jika terkena masalah kulit, kita akan kesulitan mengajukan komplain karena produsennya tidak jelas asal-usulnya.

Berbeda dengan kosmetik yang diproduksi produsen lokal, umumnya menyertakan nama dan alamat manufaktur dan distributor. Kita akan mudah melakukan pengecekan, pengajuan komplain, atau pelacakan.

3. Produknya beragam
Sekarang, banyak sekali pilihan produk kosmetik yang dipasarkan produsen kosmetik lokal. Sebut saja, liquid lipstick, face mist, sunscreen, lip scrub, lipstick remover, liquid eyeliner, sheet mask, makeup remover, dan lain-lain. Nggak kalah kan dengan brand kosmetik luar? Selain itu, pilihan warnanya disesuaikan dengan tipe kulit perempuan Indonesia. 

4. Kemasan tidak kalah dengan brand asing
Nah, kadang alasan kemasan cute, imut, atau menarik menjadi magnet utama kita membeli kosmetik. Dulu nih ya, kemasan kosmetik lokal cenderung membosankan, murahan, biasa banget, bahkan buat dipamerkan aja rasanya males.

Namun, seiring dengan semakin kreatif dan berbakatnya para produsen ini serta jeli membaca selera pasar, mereka mulai menaruh perhatian pada kemasan. Kualitas produk nggak cukup, kemasan juga bernilai plus di mata calon konsumen.


Contoh kosmetik lokal dengan kemasan menarik
5. Sudah teruji BPOM bahkan bersertifikat halal
Siapa sih yang merasa aman jika menggunakan kosmetik yang sudah diuji kandungannya oleh lembaga terpercaya? Apalagi jika mengantongi sertifikat halal yang bikin muslimah lebih nyaman dan aman memoles wajahnya dengan kosmetik lokal.

6. Mudah diperoleh
Mana ada tuh produk kosmetik lokal yang perlu Pre-order alias PO seperti brand kosmetik asing/impor? Kecuali yang memang limited edition ya. Keunggulan kosmetik lokal itu adalah mudah diperoleh, jaringan penjualan yang luas, bahkan di toko-toko kosmetik kota kecil dan pelosok. Penjual online juga sudah menjamur menawarkan produk kosmetik lokal.

7. Jarang dipalsukan
Berdasarkan pengamatan saya, kosmetik lokal jarang sekali dipalsukan. Kondisi berbeda dibandingkan dengan brand kosmetik asing, terutama yang high-end. Mana ada lipstick MAC Cosmetics Ruby Woo seharga Rp50 ribuan? Jelas palsu dong! Coba tuh, lip cream Emina bisa dibeli dengan harga tidak sampai Rp50 ribu. 

Jelas kosmetik lokal lebih unggul karena jarang dipalsukan atau direplikakan. Harganya ramah di kantong dan terjamin keasliannya, bebas was-was banget.



28 comments:

  1. setuju bgt sm opini kk.. kalau bukan kita yg bangga sama produk lokal, siapa lagi? :)

    www.jennitanuwijaya.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes banget, Jenni. Tapi bisa lho mix&match produk makeup lokal dengan brand luar. Ngga jadi anti-asing juga, yekaann. Hehehe.

      Delete
  2. Agree!! Duh Rollover Reaction Maxwell emang deh ya <3 <3

    heyyyyyjudeeeee.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kemasannya khusus jadi beli deh. Thanks for reading, Judith :)

      Delete
  3. harga terjangkau dan variasi banyak, ini alasanku suka sekali produk lokal

    johanuari.blogsot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pas banget buat yang cari dupe tetapi kualitasnya ngga murahan.

      Delete
  4. Saya penggemar produk kosmetik lokal dan tidak pernah berpaling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, salut buat mbak yang konsisten menggunakan makeup brand lokal :)

      Delete
  5. kalo sekarang punya kosmetik merk lokal jadi bangga, krn sudah tau & terbukti berkualitas, tp kl pake merk asing krn banyak yang di palsukan kdg ada aja org suka gak percaya kalo kita memang beli yang asli, xixixi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi lebih aman kan karena jaraaaaanggg dipalsukan.

      Delete
  6. selain hal di atas, kita menghargai produk dan cinta dalam negeri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat sekali, mas Kholil. Terima kasih sudah mampir :)

      Delete
  7. Aha good point, karena harganya yang sudah relatif murah jadi ga perlu ada palsu-palsuannya yaaa, hehehe. Akupun suka pakai produk lokaaal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin ke sini, produk makeup lokal semakin beragam dan gak kalah dari brand asing.

      Delete
  8. yess, harganya pasti murah dan beragam. terus pasti disesuaikan sama kondisi kulitnya orang indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Produk kosmetik lokal kelebihannya disesuaikan dengan kondisi kulit perempuan Indonesia.

      Delete
  9. kosmetik lokal tdk kalah bagus kok dengan kosmetik luar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, mas Ilham. Kualitasnya ngga kalah bersaing dengan kosmetik luar.

      Delete
  10. Iya juga ya mbak, aku lebih tertarik menggunakan kosmetik lokal, selain 7 alasan yang mbak kemukakan, juga untuk membantu membangun pergerakan ekonomi masyarakat kita. Aku cinta produk INDONESIA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara ngga langsung, kita mendukung produsen kosmetik lokal ya. Apalagi yang masih level UKM atau start-up.

      Delete
  11. Lipstikku juga produk lokal, Purbasari dan aku suka banget. Terlanjur jatuh cinta sama brand yang satu ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes!! Lip cream kesukaanku juga buatan lokal semua, hehehe.

      Delete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.