Thursday, February 9, 2017

9 Kebiasaan yang Bikin Perjalanan Naik Kereta Api Lebih Asyik


Desember lalu, saya kembali naik kereta api menuju Bandung setelah absen lebih dari satu dekade. Durasi perjalanan masih lebih dari 3 jam namun terasa sangat nyaman, tidak jauh berbeda dengan naik pesawat.


Selain beberapa fasilitas yang telah di-upgrade, perjalanan dari Jakarta ke Bandung menggunakan kereta api tidak terasa membosankan dan melelahkan. Apalagi  akomodasi kereta sudah semakin modern dan canggih. Pesan tiket kereta semakin gampang karena sudah tersedia di Traveloka.

Saya ingin berbagi tips cara membuat perjalanan naik kereta terasa lebih nyaman, tidak membosankan, dan melelahkan bahkan tidak kalah dibandingkan dengan kendaraan lainnya.
  
1. Lihat pemandangan
Keberadaan jendela yang lebar di dalam gerbong kereta justru menampilkan beragam pemandangan sepanjang perjalanan. Kadang kita melintasi jalan raya perkotaan, pinggiran pemukiman penduduk lengkap dengan sawah ladangnya, perbukitan hijau dengan sungai dan danau membentang bahkan tepian laut dengan horizon yang tak putus-putus. Daripada bosan menatap penumpang di kanan dan kiri, sebaiknya manjakan mata dengan pemandangan cantik ini.

(Baca: Menginap di Summerbird, Bandung)

2. Makan atau ngemil
Jika dibandingkan dengan naik pesawat, penumpang kereta api lebih leluasa untuk mengkonsumsi makanan dan minuman sepanjang perjalanan, baik yang dibawa sendiri maupun dibeli dari yang ditawarkan petugas kereta api. Persis seperti berada di rumah sendiri. Ngemil biskuit, makan puding, apa saja yang disuka untuk membuat perjalanan benar-benar tak terasa monoton. Tetapi, jangan sampai sampahnya berserakan atau dibuang sembarangan ya!

Jajan nasi uduk yang dijual petugas kereta api

3. Minum minuman hangat
Tahu sendiri kan, betapa dinginnya AC di dalam gerbong kereta api. Nah, untuk menyiasati ini (terutama buat yang suka melakukan perjalanan kereta malam), minumlah minuman hangat. Minumannya bisa bawa dari luar lalu diseduh di kereta sesuai selera. Petugas kereta sendiri memiliki menu minuman yang bisa disediakan panas maupun dingin. Yang pasti, jangan lewatkan kesempatan menyicipi matcha latte panas di kereta api. Rasanya legit, hangatnya pas, benar-benar membuat nyaman!

(Baca: One Eighty Coffee Bandung)

4. Mendengarkan musik
Musik selalu menjadi teman yang asyik, apalagi saat sedang sendirian. Supaya perjalanan naik kereta tetap terasa tak sepi, musik bisa menjadi teman selama perjalanan. Penuhi memori pemutar musik dengan segala macam lagu kesukaan dan bisa menjaga mood tetap baik. Keunggulan naik kereta, kita tetap bisa mengakses internet tanpa harus mematikan perangkat elektronik. Streaming musik atau YouTube lebih asyik dong!

(Baca: Beli Oleh-oleh Khas Lombok di Sasaku)

5. Main games
Main games juga bisa menjadi teman perjalanan yang seru. Install beragam aplikasi games seru di gadget dan jangan ragu untuk memainkannya sepanjang waktu karena di bangku penumpang tersedia colokan listrik untuk mengisi daya gadget.  Games di sini sebenarnya bisa berbagai macam jenisnya, tidak harus games di gadget. Jika Anda bepergian bersama teman, Anda bisa main UNO di dalam kereta. Mengisi TTS bersama pun bisa menjadi cara jitu untuk membuat perjalanan ini tetap asyik.


Colokan listrik di sisi gerbong kereta api

6. Membaca dan menulis
Cara lain yang bisa dibilang merupakan kebiasaan yang sudah populer sejak dulu adalah membaca atau menulis. Perjalanan panjang naik kereta bisa menjadi momen yang tepat untuk menyelesaikan bacaan favorit yang selama ini tertunda. Jika suka menulis, mungkin kita bisa memanfaatkan perjalanan ini untuk menyelesaikan tulisan. Banyak penulis besar yang menelurkan karyanya dari dalam gerbong kereta lho!

(Baca: Being a Smart Traveler)

7. Jalan-jalan
Nggak seperti pesawat terbang, kereta api memiliki ruang lebih lebih luas dan stabil. Artinya, sepanjang perjalanan, kita bisa berjalan-jalan di lorong gerbong tanpa terkesan mengganggu penumpang lain. Banyak orang yang mengusir kebosanan di perjalanan kereta dengan berjalan-jalan, baik mencoba bersosialisasi dengan penumpang lain, berjalan-jalan antar gerbong untuk melihat-lihat atau mencari santapan di gerbong makan. Satu hal yang perlu diingat, saat jalan-jalan, pastikan barang bawaan tetap terawasi dengan seksama.


Saya dan suami saat naik kereta api Jakarta-Bandung, Desember 2016

8. Mengobrol
Kereta api juga merupakan angkutan massal yang memberikan kesempatan untuk bersosialisasi. Jika datang bersama teman, jadikan perjalanan menjadi menyenangkan dengan mengobrol bersama mereka. Apalagi bangku penumpang bisa dibuat berhadap-hadapan. Untuk kereta kelas ekonomi, terdapat bangku yang permanen saling berhadapan. Jika pergi sendiri dan duduk berdampingan dan dengan penumpang lain, cobalah untuk membuka percakapan agar perjalanan bisa lebih hangat. Dapat teman baru deh!

(Baca: Anniversary Trip to Yogyakarta)

9. Tidur
Kalau sudah puas melakukan aktivitas di atas dan tidak punya ide lain, tidur adalah jawabannya. Aktivitas satu ini memang bukan untuk asyik-asyikan melainkan lebih untuk mengisi waktu dan tenaga agar tetap bugar setibanya di tempat tujuan. Untungnya, ruang duduk di kereta api disusun lebih lega sehingga kita bisa tidur dengan lebih nyaman dibandingkan saat naik pesawat kelas ekonomi. Jangan lupa bekali diri dengan bantal dan selimut untuk tidur yang lebih nyenyak.

Bagaimana, siap dipraktikkan saat berkendara dengan kereta api? Atau ada yang mau share tips lainnya?





23 comments:

  1. Aku penaik kereta api jarak jauh, dan semuanya benerrr. Dibanding pesawat, aku lebih suka naik kereta walaupun lebih lama. Kalo aku biasanya paling suka tidur atau liat-liat pemandangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pengen cobain juga naik kereta yang perjalanannya di atas 3 jam.

      Delete
  2. Pernah ke bandung naik kereta tapi bawa cemilan sendiri buat dimakan, aku ga tau kalo bungkusan nasi uduknya yang dijual bagusss. Ke Bandung lbh enak naik kereta ya win skrng drpd hrs macet di jalan tol hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, Mona. Naik kereta jadi pilihan lebih baik kalau ngga mau macet-macetan di tol Cipularang. Apalagi udah senyaman ini dan harga tiket terjangkau dibanding naik travel.

      Delete
    2. jadi semakin mupeng liat kamu dan Malo juga naik kereta ke Bandung... ahhh cuss beli tiket :p

      Delete
    3. Cobain deh, Susy. Pengen beda aja dibanding naik mobil terus. Nyaman, bersih, ada colokan, toilet juga bersih, ada yang jualan makanan.

      Delete
  3. klo saya suka ngapalin nama stasiun trus sambil nginget2 ini stasiun masuk daerah operasi (Daops) berapa *railfansmodeon hehe
    yang penting naek kereta sekarang asyik ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, mas. Saya ngga nyangka kereta api bisa upgrade jadi bagus begini. Nggak kalah dengan naik pesawat.

      Delete
  4. Kereta memang fasilitasnya sekarang bagus banget..mulai dari kursi, AC dan kamar mandinya benar-benar bagus. Oia, udah nggak ada calo lagi. Tapi memang paling enak beli tiketnya online lebih mudah tinggal klik aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mba Fika. Ngga nyangka bisa naik kereta senyaman ini. Pesen online juga praktis, pas di stasiun tinggal tunjukkan KTP dan tiket yang sudah di-print out.

      Delete
  5. Aku suka naik kereta.. tapi kalo jauh, bosen juga .. hehehe

    hai-ariani.com

    ReplyDelete
  6. Aku naik kereta pasti kumanfaatin utk tidur atau baca buku. Kecuali sama temen baru deh sambil ngobrol lama hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca buku dan majalah, mba. Itu ngebantu banget buat killing time saat di kereta api.

      Delete
  7. kalau naik kereta api tut tut tuuutt sendirian, aku pasti tidur, kalau nggak gitu sosmedan, : )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Browsing, update socmed ga khawatir abis baterai kan, mba? Soalnya udah ada colokan listriknya.

      Delete
  8. Pengen nyobain naik kereta untuk perjalanan jauh, kayaknya seru ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya naik kereta ke Bandung yang terjauh. Penasaran juga pengen coba naik kereta yang lamanya lebih dari 3 jam :)

      Delete
  9. aq tahun lalu ke jogja naik kereta tapi malam hari dan skrg aq kapok gak mo lagi naik kereta malam hari, karena gak bisa tidur, di kereta gak seperti di pesawat lampunya bisa di matikan atau di redupkan gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah naik kereta malam sih, mba. Berarti mba cobain pake sleeping cover, yang buat nutup mata kayak di pesawat, hehehe.

      Delete
  10. Aku biasanya pilih yg malam supaya bisa boboooooo, hahaha. Kalo perjalanan ga terlalu panjang mungkin bisa pilih yang pagi sih yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penasaran juga dengan kereta malam, apa senyaman kalau naik kereta pagi/siang hari ya?

      Delete
  11. hi, i am farrah..may i know, the best executive train from yogyakarta to bandung?we plan to travel at night.

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.