Friday, August 25, 2017

Tips Blogging Kreatif ala Andra Alodita


Sabtu (19/8) lalu benar-benar weekend produktif untuk saya. Setelah pagi hari mengikuti zumba dan beauty talkshow, saya bergegas ke Kinosaurus, Kemang untuk mengikuti Tinkerlust Talk "Creative Writing for Blogging with Andra Alodita" yang didukung oleh Wardah.

Pssttt, tahu nggak apa itu Tinkerlust sebelumnya? Tinkerlust adalah platform jual-beli produk preloved yang terdiri dari pakaian, kosmetik, sepatu, tas, dan aksesori. Kita bisa mendapatkan barang preloved bagus dan berkualitas dengan harga miring. Belum lama ini, Tinkerlust juga menyediakan jasa rental gaun pesta.

Tinkerlust yang dirintis oleh Samira Shihab dan Aliya berhasil menggaet influencer kondang untuk menjual barang preloved milik mereka, seperti Andra Alodita, Tara Amelz, Lizzie Parra, Abel Cantika, Catherine Sumitri, Alika Islamadina, Danesya Juzar, dan masih banyak lagi.


Adapun, Alodita sudah dikenal sebagai salah satu influencer kondang di kalangan perempuan muda Indonesia. Semua menyukai gaya penulisan blog dan foto-foto indah di blog maupun Instagram. Layout blog yang putih terkesan clean and neat, membuat siapapun nyaman membaca blog Alodita yang pageviews-nya hampir menembus angka 9 juta.






Meskipun sudah beberapa kali bertemu dengan Alodita, baru kali ini saya menyimak rahasia menulis kreatif untuk blog yang diungkapkan ibu satu anak ini. Soalnya, kami lebih suka membahas hal-hal daily life dan berita terbaru ketimbang membahas blog, hehehe.


Melalui acara ini, Alodita berbagi tips menulis kreatif untuk blog kepada sekitar 30 orang peserta terpilih dari kontes yang diselenggarakan Tinkerlust. Yuk, simak tips yang dibagikan oleh mantan wedding photografer ini!




1. Ide blog bisa didapatkan dari mana saja

Pusing nyari ide blog? Ide penulisan blog bisa didapatkan dari mana saja; kehidupan sehari-hari, pengalaman pribadi atau kisah orang lain. Namun, nggak jarang kita mengalami writer's block alias sepi ide dan nggak bisa menulis apapun untuk blog. 

Menurut Alodita, saat sedang stuck dan nggak punya ide tulisan, bisa istirahat dulu dengan traveling, hangout, dan menonton film. Siapa tahu ada inspirasi yang tersembunyi dari aktivitas yang dilakukan dan bisa dibagikan melalui tulisan pada blog.


2. Temukan your own writing style

Practice makes perfect! Jangan bosan melatih kemampuan menulis demi menemukan style atau ciri khas penulisan. Memang sih, semuanya membutuhkan proses dan tidak bisa instant. Makanya Alodita menyemangati supaya kita harus mencoba terus menulis, mengasah kemampuan sehingga mampu menemukan gaya penulisan sendiri. Plus, menulislah dari hati alias buat diri sendiri. 

3. Pentingnya menulis manual di jurnal

Alodita menyatakan dirinya masih rajin menulis secara manual menggunakan pulpen di jurnal. Jika ada ide menulis, dia bisa langsung menulis di jurnal atau mencatat detail penting saat sedang melakukan sesuatu, misalnya traveling.

"Menulis secara manual di jurnal itu penting untuk melatih indera dan kreativitas," papar Alodita.


4. Bikin mind mapping

Pembuatan mind mapping akan memudahkan kita untuk menggali potensi ide untuk menulis blog. Contohnya, tema umum adalah traveling. Nanti di-breakdown menjadi topik spesifik: review hotel, review lokasi wisata, review restoran, dan lain-lain. Parenting, tema spesifiknya: menu MPASI, menu MPASI organik, rekomendasi dokter anak, dan sebagainya.

5. Pay attention to layout

Ibarat rumah, blog juga harus tampil menarik supaya bisa mengundang pembaca betah berlama-lama membaca konten blog kita. Tampilan layout blog yang tidak ramai, user friendly, font yang nyaman dibaca, dan foto-foto jernih penting untuk dicermati. 

Alodita memilih layout dengan nuansa putih guna mengimbangi tampilan fotonya yang cenderung berwarna-warni. Saya memang suka banget dengan tampilan blog Alodita yang clean and neat. Tentu saja, blog yang layout-nya enak dilihat dari berbagai device tentu akan mengundang pembaca datang ke blog kita.


Pulangnya, peserta Tinkerlust Talk mendapatkan goodie bag berisi voucher diskon belanja di Tinkerlust, Wardah Lightening Creamy Foam, dan Wardah Intensive Moisturizing Body Serum.


Wah, nggak sabar mempraktikkan tips dari the one and only Alodita. Thank you for creating this event, Tinkerlust!






11 comments:

  1. Own writing styleku msh berubah ubah hihi

    ReplyDelete
  2. Mind mapping! Penting banget nihh..
    Thanks for sharing yaa Win! :*

    ReplyDelete
  3. Aku udah lama buat jurnal tapi nggak serapih Alodita hihi

    ReplyDelete
  4. Jadi ga sabar belajar lagi di sesi berikutnya ya win

    ReplyDelete
  5. Praktekin ah
    Makasih sharingnya ya mbak, :)

    ReplyDelete
  6. Asyik banget sih nih. Aku belom punya kesempatan buat bisa belajar ngeblog bareng Alodita nih.

    ReplyDelete
  7. Kak Edwina, i am so happy to read your post! Pengen banget gabung kelas ini, tapi nggak bisa karena acara di Jakarta huhu. And yes, I adore the way Alodita creates her content!

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.