Monday, October 2, 2017

Tips Merawat Bibir


Sebagai pecinta lipstick dan selalu mengaplikasikan lipstick hampir setiap hari, tentunya saya harus melakukan perawatan bibir supaya tetap sehat meskipun sering terpapar zat kimia yang terkandung pada lipstick.

Saya sering menggunakan lipstick dengan matte finish yang biasanya kandungannya lebih "berat" dibandingkan dengan lipstick satin finish bertekstur creamy atau buttery. Nah, masalah yang biasa dialami pengguna matte lipstick adalah bibir yang terasa kering, patchy bahkan hingga mengelupas. Pemicunya sih lipstick-nya sendiri atau bibirnya yang memang kering.

Awal menggunakan lipstick bertekstur cair (liquid lipstick), bibir saya kering sampai mengelupas. Saya nggak tahu kalau harus mengaplikasikan pelembab bibir untuk menggunakan liquid lipstick. Sedih dan perih begitu bibir ini kering dan terkelupas. Sejak saat itu, saya concern untuk merawat bibir supaya nggak bermasalah saat memakai matte lipstick.

(Baca: My Holy Grail Lip Care)

Tetapi, saya masih mengalami inner lips yang kehitaman. Saya belum menemukan cara memudarkan noda hitam pada area dalam bibir, yang kadang susah ditutupi dengan lipstick jenis tertentu. Kalau ada yang punya tips-nya, mohon share di kolom komentar ya!

Kali ini, saya akan berbagi tips merawat bibir yang biasa saya lakukan dan cara mengaplikasikan lipstick supaya tercipta "perfect pout". Secara junjunganque adalah Rissa @lippielust dan Andra @alodita.

1. Rutin menggunakan lip balm 
Saya menggunakan Lucas' Papaw Ointment kemasan tube yang sangat travel friendly. Teksturnya seperti salep berwarna kuning dan mudah diaplikasikan ke bibir. Bibir semakin lembab dan tidak mengelupas. 

Saya selalu menggunakan lip balm setiap saat! Nggak hanya sebelum menggunakan lipstick, kapanpun saya pastikan bibir tetap diolesi lip balm bahkan saat nggak makeup dan di rumah. Saya paling nggak bisa bibir ini "polos" karena akan memicu kering. Jadi, pastikan bibir tetap lembab ya sepanjang hari.

2. Pakai lip sleeping mask
Saat ini, saya baru menemukan Laneige Lip Sleeping Mask (CMIIW) untuk perawatan bibir pada malam hari. Teksturnya yang sangat thick ini cocok untuk melembabkan bibir saat kita sedang tidur. Saya membeli yang trial size dan awet banget, untuk pemakaian lebih dari 4 bulan (setiap malam) seharga Rp40 ribuan (beli di Shopee).

Pagi hari, bibir terasa lembab dan moist. Sehabis mandi, jangan lupa oleskan lip balm Lucas' Papaw Ointment supaya terjaga kelembapannya.

3. Scrub bibir 2-3 sepekan
Meskipun bibir lagi nggak mengelupas, scrubbing bibir tetap perlu dilakukan 2-3 kali sepekan. Tujuannya untuk menyingkirkan sel kulit mati atau sisa-sisa lipstick yang terlewatkan. Selain itu, bibir juga terasa lebih halus.

Saya menggunakan Beauty Treats Lip Scrub varian Almond Creme (Rp50 ribu) yang memiliki tekstur kasar dengan kandungan kulit kacang walnut. Lip scrub akan mengeksfoliasi permukaan bibir supaya lebih lembab dan lembut. It's a must for lipstick junkie!

Nah, bagaimana dengan mengaplikasikan lipstick setelah dirawat bibirnya? Saya akan mengulasnya berdasarkan pengalaman pribadi ya.


4. Aplikasikan concealer 
Concealer dipakai di bibir? Jangan heran, saya pun baru mengetahui belum lama ini fungsi lain dari concealer. Saya nggak sengaja nonton video yang di-upload @nikkietutorials dan melihat dia membentuk pinggiran bibirya dengan concealer. Ternyata, supaya lipstick-nya lebih rapi dan perfectly lined.

Saya pun mencoba menggunakan Catrice Cosmetics All Around Coverstick and it quite works! Pinggiran bibir bisa tersamarkan dengan baik, aplikasi lipstick lebih rapi dan pas sesuai lekukannya. 

(Baca: 5 Produk Catrice Wajib Coba)

Concealer juga bisa digunakan untuk menutupi area kehitaman pada bibir tetapi concern saya, bagaimana memudarkan area kehitaman tersebut secara alami. Jadi, nggak sekadar diakali menggunakan concealer.

5. Gunakan lip brush
Setelah bibir dilembapkan dengan lip balm, lipstick bisa langsung diaplikasikan. Sebenarnya sih, saya cukup terbantu dengan doe-foot aplicator pada liquid lipstick karena cukup bisa bikin lipstick rapi. Namun, jika menggunakan lip brush, lebih rapi lagi lho!

Saya menggunakan Kay Beauty Mini Lip Brush (Rp20 ribuan di Guardian) yang sesuai dengan kebutuhan: brush-nya mungil karena memang untuk mengoreksi garis bibir dan dilengkapi dengan tutup. Kalau untuk mengaplikasikan lipstick, agak kurang cocok ya karena perlu lip brush yang lebih banyak helaiannya.

Semoga tips ini bermanfaat ya terutama buat yang selalu menggunakan lipstick untuk makeup sehari-hari.





10 comments:

  1. bagus banget bibirnya mbak pas di apply dg lip brush, sukaaa !
    aq gak pernah pakai itu lucas papaw di bibir, pengen coba,,,
    thanks sharingya mbak edwina

    ReplyDelete
  2. Boleh dicoba tuh tipsnya pakai concealer. Kebetulan aku juga pakai concealer yang itu hehehehe.

    ReplyDelete
  3. Wah ternyata stepnya banyak juga ya. Aku juga sering bermasalah sama bibir, jadi kering gitu. Apalagi kalau habis pake lipstik matte seharian. Kalau habis sikat gigi malam jadi mengelupas gitu, malah kadang kugosok aja pake handuk, huhuhu. Habis ini coba kuaplikasikan step-stepnya deh biar bibir nggak kering lagi.

    ReplyDelete
  4. aku bakal coba nih aplikasikan concealer di lip liner thanks for sharing this win, kalau urusan merawat bibir paling males itu scrubbing selalu miss hese

    ReplyDelete
  5. Okay penasaran banget sama si Laniege ini, aku juga skrg ngerasa bibir kering banget apalagi sering pake liquid lipstick.

    ReplyDelete
  6. kalau aku sih pakai lip balm saat ke luar rumah, kalau cuma di rumah, perawatannya pakai madu, cukup dioles di bibir. maklum ya sekarang cuacanya panas banget, bikin bibir cepet kering :(

    ReplyDelete
  7. Lucas papaw uda lama denger nih produk, dan reviewnya bagus2 semuanya...wajibbb beli hihihi

    ReplyDelete
  8. Terima kasih untuk infonya Mba. Jadi ingat sudah lama tidak merawat bibir. Kebetulan cuaca bberapa minggu lalu cukup terik. Bibir saya kering dan pecah2. Mau coba scrub dan lip sleeping masknya.

    ReplyDelete
  9. tips nya bermanfaat banget kak,, boleh dicoba tuh..

    ReplyDelete
  10. Hooooo.... Thanks buat tipsnya makai concealer buat nutup bibir kehitaman ya mbaaa.... bibirku tepiannya gelap soalnya. Jadi kalau pakai lipstik yang kurang pigmented tepiannya kadang lebih gelap. Ga bisa bikin bibir panas dalam a.k.a ombre ala-ala korea gitu ahahaha....

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.