Saturday, June 9, 2018

Sentuhan Personal ERHA untuk Masalah Kulit & Rambut


Pemilik kulit berminyak tahu betul struggling-nya mengurangi penampakan minyak saat merias wajah. Primer, setting spray, atau setting powder menjadi senjata andalan untuk mengantisipasi munculnya minyak pada wajah. Namun, apakah juga didukung oleh penggunaan skincare yang tepat untuk kulit berminyak?

Penggunaan skincare sesuai jenis kulit diyakini mampu mengatasi masalah kulit itu sendiri, misalnya kulit berminyak diatasi dengan skincare khusus kulit berminyak yang bermanfaat mengurangi produksi minyak berlebih, menyamarkan pori-pori tetapi tetap menghidrasi kulit. Saya memiliki kulit berminyak dan masih mencari skincare yang sesuai dengan kondisi kulit saya yang juga mudah jerawatan. 

Suatu hari, saya nggak sengaja melihat Instagram post bertagar #TerjebakErha dari influencer Ayla Dimitri yang berkunjung ke ERHA Clinic, untuk berkonsultasi tentang masalah kulit wajah yang berjerawat dan merah-merah. Ayla bilang dia mendapatkan beberapa produk yang diresepkan oleh dokter ERHA Clinic tetapi ada juga yang bisa dibeli bebas di ERHA Apothecary.

Saya ingat ERHA Apothecary sering terlihat di mall-mall besar Ibukota, tempat ini menjual produk ERHA Clinic secara bebas, tanpa perlu resep dokter. Istilahnya, produk Over the Counter (OTC). Saya pun berkunjung ke ERHA Apothecary yang terletak di Gandaria City Mall untuk mencari produk ERHA yang sesuai dengan masalah kulit saya.


Ketika berkunjung ke ERHA Apothecary, saya baru mengetahui jika produk OTC ERHA Apothecary bersifat personalized, diformulasikan secara spesifik untuk menangani dan merawat kondisi kulit dan rambut tertentu. Ternyata, nggak hanya masalah kulit, ERHA juga memiliki rangkaian produk untuk rambut. Wah, sekali berkunjung ke ERHA Apothecary, saya bisa menemukan produk-produk untuk masalah kulit berminyak sekaligus rambut rontok dan kulit kepala kering.

Nggak hanya masalah kulit berminyak, saya juga bermasalah dengan rambut yang mudah rontok dan kulit kepala kering. Akibatnya, saya sering bergonta-ganti shampoo guna mendapatkan produk yang mampu mengatasi masalah rambut ini. Meskipun sudah rutin melakukan perawatan hair spa atau hair mask, masalah rambut ini nggak kunjung teratasi. Siapa tahu produk perawatan rambut OTC ERHA Apothecary cocok!

Produk OTC ERHA Apothecary ini diformulasikan oleh para dermatolog yang bekerja sama dengan para ilmuwan dan formulator, serta telah teruji secara klinis oleh badan riset terpercaya. Jadi, formula produk OTC ERHA dijamin efektif dan aman digunakan.

Setelah berkonsultasi dengan tenaga ahli dan dokter di ERHA Apothecary, saya membawa pulang beberapa produk untuk kulit berminyak, rambut rontok, dan kulit kepala kering. Untuk masalah kulit, ada ERHA21 Acne Cleanser Scrub Beta Plus, ERHA21 Clarifying Gel, ERHA21 Acne Spot Gel, dan ERHA21 Oil Control Wipes. Adapun, masalah rambut yang rontok dan berketombe, saya memilih ERHAIR Scalp Care Shampoo dan ERHAIR HairGrow Serum. Lengkap kan produknya?

Sebagai informasi, ERHA nggak hanya punya ERHA Clinic dan ERHA Apothecary tetapi juga ERHA Dermacenter dan ERHA Skin yang tersebar di 39 kota di Indonesia dan didukung oleh 450 dermatolog dan dokter. Ini klinik kulit dan kecantikan asli Indonesia lho, yang didirikan oleh dr Ronny Handoko, SpKK (K) pada 1999. 

Yuk, kita ulas satu per satu produk-produk OTC ERHA Apothechary!

Masalah kulit berminyak dan acne prone:
ERHA21 Acne Cleanser Scrub Beta Plus


Claim:
Pembersih wajah dengan scrub lembut yang mengandung Salicylic Acid yang membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menyebabkan penyumbatan pori wajah. Dilengkapi dengan Sulphur sebagai anti jerawat yang menjadikan wajah bersih dan terasa segar.

Ingredients:
Aqua, Sodium Laureth Sulfate, Myristic Acid, PEG-7 Glyceryl Cocoate, Glycerin, Palmitic Acid, Stearic Acid, Sulfur, CMC, PEG-400, Cocamide DEA, Triethanolamine, Salicylic Acid Synthetic Wax, Caprylic/Capric Glycerides, Sodium Hydroxide, Fragrance, Propylene Glycol, Disodium EDTA, Xanthan Gum, Alumina, Acid Blue 9 Aluminum Lake Cl 42090, D&C Yellow No. 10 Cl 47005, Iron Oxide Black Cl 77499, Diazolidinyl Urea, Methylparaben, Propylparaben.

How to Use:
Aplikasikan pada wajah yang sudah dibasahi dan pijat lembut. Bilas dengan air hingga bersih. 

Price: 
Rp84.500 untuk 60 gr


Packaging:
ERHA21 Acne Cleanser Scrub Beta Plus dikemas dengan tube plastik berwarna putih dengan isi 60 gram. Kemasannya sangat travel friendly, dilengkapi dengan tutup flip-flop yang nggak mudah terbuka dan bocor. Ujung tube masih dilapisi dengan sticker guna menjamin produk yang dibeli adalah baru. Informasi deskripsi produk, cara penggunaan, kandungan, dan kedaluarsa terpampang jelas.

Texture, Color, Scent:
Cleanser ini bertekstur creamy dan berwarna hijau muda, mengingatkan saya dengan es krim matcha. Butiran scrub berwarna biru dan ternyata halus ketika diaplikasikan ke wajah yang basah. Nggak terasa kasar sama sekali pada wajah. Busanya nggak terlalu banyak dan cenderung padat, bukan yang bubbly atau foamy. Cleanser ini mengandung fragrance, aromanya lebih ke wangi obat ya, bukan aroma floral.

ERHA21 Clarifying Gel


Claim: 
Merupakan rangkaian produk Acne Care Lab yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat atau cenderung berjerawat. Clarifying Gel mengandung Asam Salisilat, Nicotinamide, AHA & Sebum Regulator untuk membantu mengurangi dan mengontrol produksi minyak berlebih serta membantu mengurangi kemerahan pada kulit.

Ingredients:
Aqua, Glycolic Acid 8%, Ethyl Alcohol, Niacinamide, PEG-7 Glyceryl Cocoate, Allyl Methacrylates Crosspolymer, Ethoxydiglycol Lactic Acid 1,8%, Salicylic Acid, Sodium Hydroxide, Capryloyl Glycine, Caprylyl Methicone, Acacia Senegal Gum, Xanthan Gum, Menthol, Methylparaben, Propylparaben.

How to Use:
Setelah dibersihkan dengan Cleanser Scrub, aplikasikan Clarifying Gel pada kulit secara merata. Biarkan mengering. Jangan dibilas.

Price: 
Rp80.000 untuk 60 ml


Packaging:
Kemasan ERHA21 Acne Clarifying Gel ini berupa botol plastik mungil berisi 60 ml. Serupa dengan cleanser scrub, clarifying gel ini sangat travel friendly. Tutupnya flip-flop yang nggak mudah bocor/tumpah, harus sampai bunyi "klik" untuk memastikan telah tertutup sempurna. Informasi deskripsi produk, cara penggunaan, kandungan, dan kedaluarsa terpampang jelas.

Texture, Color, Scent:
ERHA21 Acne Clarifying Gel ini merupakan kombinasi toner dan oil control, yang digunakan setelah aplikasi ERHA21 Acne Cleanser Scrub Beta Plus. Toner ini terbilang unik karena bertekstur gel berwarna putih susu. Cukup keluarkan gel sebesar kacang untuk diaplikasikan ke seluruh wajah. Meskipun gel terasa kental, wajah nggak terasa lengket atau berminyak pasca diaplikasikan clarifying gel. Gel meresap cepat dan wajah terasa lembap. Wanginya mirip dengan obat, bukan aroma wangi menusuk hidung.

ERHA21 Acne Spot Gel


Claim:
Acne Spot Gel dengan fonails mula intensif kombinasi Sulfur dan Asam Salisilat untuk merawat jerawat. Terbukti secara klinis sejak hari ketiga membantu mengurangi jerawat dan noda hitam bekas jerawat.

Ingredients:
Aqua, Sulfur, Propylene Glycol, Hydrogen Peroxide, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloydimethyl Taurate Copolymer, Ethyl Alcohol, Salicylic Acid, Zinc Gluconate, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Sodium Hydroxide, Dipotassium Glycyrrhizate, Citric Acid, Disodium EDTA.

How to Use:
Gunakan pada jerawat serta area sekitarnya. Biarkan mengering.

Price: 
Rp55.000 untuk 10 gr


Packaging:
ERHA21 Acne Spot Gel dikemas dengan box karton seperti salep. Informasi deskripsi produk, cara penggunaan, kandungan, dan kedaluarsa terpampang pada box karton. Acne spot gel sendiri berupa tube plastik dengan tutup ulir seperti corong. Kemasan acne spot gel ini tentunya travel friendly.

Texture, Color, Scent:
ERHA21 Acne Spot Gel mempunyai tekstur gel berwarna putih keruh yang lengket. Ketika dioleskan pada area wajah yang berjerawat, gel langsung meresap. Tidak ada aroma apapun pada acne spot gel ini karena memang tidak ada kandungan fragrance.

ERHA21 Oil Control Wipes


Claim:
Oil Control Wipes teruji secara klinis mampu membantu menyerap dan mengurangi minyak berlebih hanya dalam 1-2 menit, serta mengurangi kilap pada wajah. Dilengkapi dengan Allantoin sebagai soothing agent dan Triclosan sebagai anti bakteri untuk membantu menjaga kesehatan kulit wajah.

Ingredients:
Dipotassium Glycyrrhizate (1%), Allantoin (0,5%), Triclosan (0,3%).

How to Use:
Usapkan pada wajah, tunggu hingga kering (1-2 menit). Tidak perlu dibilas.

Price:
Rp27.500 untuk 1 pack isi 10 lembar


Packaging:
Jika kebanyakan facial wipes atau oil control film dibungkus dalam satu kemasan, ERHA21 Oil Control Wipes dikemas satuan per lembarnya. Per pack terdiri dari 10 lembar wipes dengan kemasan satuan sehingga terjamin higienitasnya.

Texture, Color, Scent:
Lembaran ERHA21 Oil Control Wipes berwarna putih dan cukup tebal, seperti lembaran tisu basah atau sheet mask. Namun, cairannya tidak bleber ke mana-mana melainkan tetap pada lembaran oil control wipes. Tidak tercium wangi apapun ketika mengusapkan oil control wipes ke wajah.

Masalah rambut rontok dan ketombe:
ERHAIR Scalp Care Shampoo


Claim:
Scalp Care Shampoo diformulasikan secara khusus untuk membantu mengatasi berbagai permasalahan pada kulit kepala, seperti ketombe dan dermatitis seboroik. Mengandung Climbazole dan Piroctone Olamine sebagai antijamur dan antibakteri yang dapat mengatasi Malassezia sebagai penyebab utama ketombe. Dilengkapi Aloe Vera dan Pro Vit B5 yang membantu menghilangkan gatal dan mengurangi peradangan pada kulit kepala.

Ingredients:
Aqua, Sodium Laureth Sulfate, Cocamidopropyl Betaine, Sodium Lauroamphoacetate, Sodium Chloride, Sodium Glycolate, Decyl Glucoside, Acrylates Crosspolymer-4, Polysorbate 20, Dimethicone, Polyquternium-74, Laureth-7, Glycol Distearate, Myristyl Alcohol, Climbazole, Piroctone Olamine, Fragrance, Propylene Glycol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Citric Acid, Guar Hydroxypropyltrimonium Chloride, D-Panthenol, Menthol Crystal, Disodium EDTA, Sodium Hydroxide, Sodium Benzoate, Phenoxyethanol.

How to Use:
Busakan Scalp Care Shampoo pada rambut dan kulit kepala yang sudah dibasahi. Diamkan selama 1 menit, bilas hingga bersih. Gunakan minimal 3 kali seminggu.

Price:
Rp60.000 untuk 100 ml
Rp113.000 untuk 250 ml


Packaging:
ERHAIR Scalp Care Shampoo memiliki dua kemasan: 100 ml yang cocok untuk traveling dan 250 ml untuk digunakan di rumah. Shampoo memiliki kemasan botol plastik putih dengan informasi deskripsi produk, cara penggunaan, kandungan, dan kedaluarsa terpampang jelas. Tutupnya flip-flop dan nggak mudah bocor.

Texture, Color, Scent:
Shampoo ERHAIR Scalp Care bertekstur creamy dan berwarna putih. Shampoo ini tidak menghasilkan banyak busa, justru lebih bagus karena nggak perlu boros air untuk membersihkan rambut. Wangi shampoo cukup khas, lebih ke aroma herbal yang menenangkan.

ERHAIR HairGrow Serum


Claim:
Serum perawatan yang intensif dengan Kopexil dan Ekstrak Panax Ginseng untuk membantu mengurangi kerontokan rambut dan membantu meningkatkan pertumbuhan (densitas) rambut. Dilengkapi dengan Arginine, Biotin, dan D-Phatenol untuk menutrisi rambut.

Ingredients:
Aqua, Ehtyl Alcohol, Diaminopyrimidine Oxide, Ethylhexylglycerin, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Niacinamide, Dipotassium Glycyrrhizate, Panax Ginseng Root Extract, Maltodestrin, Arginine, Dipotassium Phosphate, Xylitylglucoside, Anhidroxylitol Xylitol, Citric Acid, D-Panthenol, Biotin, Fragrance, Disodium EDTA, Copper Gluconate, Phenoxyethanol.

How to Use:
Aplikasikan satu dosis ERHAIR HairGrow Serum sekali sehari pada kulit kepala yang sudah dibersihkan dalam keadaan kering atau setengah basah. Pijat lembut kulit kepala dengan ujung jari tangan dengan gerakan melingkar untuk membantu penyerapan. Tidak perlu dibilas.

Price:
Rp171.000 untuk 1 box isi 7 x 8 ml
Rp626.000 untuk 1 box isi 28 x 8 ml


Packaging:
Saya paling suka kemasan ERHAIR HairGrow Serum ini karena menggunakan box karton khusus bernuansa silver-hijau untuk menyimpan tujuh botol kaca berisi cairan serum. Kemasan karton ini disegel sticker dan juga dilengkapi dengan corong sebagai aplikator serum rambut. Serum dikemas dengan botol kaca mungil setinggi kurang dari 5 cm dan ditutup dengan tutup karet. Jika ingin digunakan, tutup karet dilepas dan pasangkan aplikator berbentuk corong berlubang.

Texture, Color, Scent:
Jika serum rambut pada umumnya cenderung bertekstur kental dan lengket, HairGrow Serum ini teksturnya ringan dan encer seperti tonik rambut, dan cairannya bening transparan. Saat diaplikasikan, kulit kepala tidak terasa lengket, rasanya kulit kepala adem. Wangi serum rambut ini juga segar dan tidak menyengat. 


FINAL THOUGHTS:
Untuk rangkaian produk OTC ERHA Apothecary kulit berminyak, saya merasakan kulit wajah lebih lembap, kenyal, dan segar. Kadar minyak wajah perlahan berkurang karena wajah yang sudah didandani tidak cepat berminyak, mampu menahan munculnya minyak pada wajah lebih lama. Saya nggak menggunakan primer dan setting spray lho! 

Adapun, produk ERHA21 Acne Clarifying Gel, sebaiknya digunakan bersama dengan sunscreen dan membatasi akses langsung dengan sinar matahari selama menggunakan produk ini. Hal ini disebabkan oleh kandungan AHA pada clarifying gel. Saya pun lebih suka menggunakannya pada malam hari.

ERHA21 Acne Spot Gel bermanfaat mengempeskan jerawat yang meradang. Dalam beberapa hari, jerawat mulai kempes dan mengering. Saya suka produk ini dan cocok untuk mengatasi jerawat yang tiba-tiba muncul. Adapun, ERHA21 Oil Control Wipes praktis dibawa ke mana-mana. Jika minyak pada wajah muncul, usapkan wipes sebelum melakukan touch up atau juga bisa digunakan untuk membersihkan wajah.

Di sisi lain, perawatan rambut ERHAIR Scalp Care Shampoo ini cukup berhasil mengatasi kulit kepala kering. Ketombe mulai berkurang, terlihat saat menyisir rambut. Saya juga memastikan rambut dibilas sampai bersih dan tidak ada sisa busa shampoo yang tertinggal. 

HairGrow Serum juga menunjukkan hasil positif, rambut rontok juga mulai berkurang padahal baru digunakan beberapa hari. Siapa tahu setelah pemakaian jangka panjang, rambut lebih kuat dan nggak mudah rontok.

Rangkaian produk OTC ERHA Apothecary ini mudah ditemukan di gerai ERHA Apothecary di mall-mall terkemuka, ERHA Clinic, ERHA Dermacenter, dan ERHA Skin. Harganya terbilang terjangkau untuk produk yang diracik oleh dermatolog dan dokter. Konsep personalized pada setiap produknya membuat pelanggan dapat memilih produk ERHA Apothecary yang sesuai masalah kulit dan rambutnya.

ERHA Dermatology
Instagram: @erha.dermatology


8 comments:

  1. Sering ngelihat erha apothecary di mall tp nggak pernah masuk... Baca ulasan ini jadi pingin nyoba produk otc-nya

    ReplyDelete
  2. ERHA Apothecary sudah ada di kota saya..
    design gerainya cozy dan mewah sepertinya memang cocok jadi pusat perawatan .:)

    ReplyDelete
  3. erha ini emang bagus bgt ya perawatan rambutnya :" jadi ngiler hehe

    ReplyDelete
  4. Wah komplit bgt reviewnya.. aku udh lama pengen mampir di Erha, kebetulan Erha lokasinya strategis bgt di dlm Mall sekalian santai ngemoll bisa nyalon cantik deh..

    ReplyDelete
  5. Sukaaa reviewnya, lengkap dengan harganya.
    Ternyata harganya masih lumayan terjangkau ya, sering kepo dengan iklan Erha di jalanan, tapi udah keder duluan takut kemahalan hahaha

    ReplyDelete
  6. Wah cucok iwak endog, mo ke Erha batal mulu, baca ulasan ini jadi pingin langsung berangkat, hihihi.. Makasih review-nya ya mbak

    ReplyDelete
  7. Utk perawatan mukanya aku fix ga bakal bisa pake, krn ini mengandung AHA. Aku alergi itu soalnya.. Kalo pake segala skin care yg ada aha nya dijamin breakout parah dan lamaa bangt utk balik normal. Kalo skr sih udh cocok ama salah satu skin care Jepang, jd kmungkinan ga akan beralih ke lain :D

    Tp perawatan rambutnya aku pgn coba mba. Rambutku udh mulai rontok akhir2 ini :( . Bbrp kali ganti shampoo blm ada yg cocok. Coba nanti pake erha deh. Btw, itu serumnya, 1 botol itu sekali pakai berarti yaa.

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.