Thursday, February 7, 2019

Berkunjung ke Nami Island


Tampaknya siapapun yang traveling ke Korea Selatan, merasa sayang untuk melewatkan Nami Island yang terkenal berkat drama Korea "Winter Sonata". Meskipun saya tidak mengikuti alur Winter Sonata, saya tetap menyempatkan waktu berkunjung ke Nami Island.

Dari informasi yang didapatkan dari para blogger yang sudah menginjakkan kaki ke Nami Island, salah satu cara termudah dan termurah untuk ke sana adalah menggunakan moda transportasi subway. Selain itu, ada opsi sewa mobil, taksi, dan tour bus dari Insadong, Myeongdong, dan Namdaemun.

Mau datang dari jalur subway manapun, harus melewati Gyeongchun Line dengan stasiun terakhir adalah Kyungchun Station. Turunnya di Gapyeong Station untuk menuju Nami Island.

(Baca: Budget Solo Traveling ke Korea)



 
Nah, transportasi termurah biasanya juga lama durasi perjalanannya. Saya menghabiskan waktu hingga dua jam untuk menempuh Nami Island, itu termasuk waktu tunggu di stasiun dan durasi perjalanan naik subway. Subway-nya lama banget datangnya dan penuh terisi penumpang sehingga agak susah mendapatkan tempat duduk selama perjalanan 1-1,5 jam itu.

Saat saya tiba di Gapyeong Station, saya hendak mencari shuttle bus Gapyeong City Tour Bus yang menuju Nami Island dan beberapa tujuan wisata di Gapyeong. Saya keluar stasiun dan menyebrang jalan karena ada halte yang sudah dipenuhi calon penumpang.




Saya menunggu lebih dari 30 menit dan kemudian muncul bis bernomor (lupa nomor berapa) menuju Nami Island (semua yang nunggu langsung berbaris rapi masuk bis). Ketika masuk bis, saya heran karena harus tap T-Money. Perasaan Gapyeong City Tour Bus itu tiketnya KRW6.000 untuk seharian mengitari Gapyeong.

(Baca: Seoul Itinerary 5 Days)

Ternyata, saya salah naik bis! Saya menaiki bis reguler alih-alih Gapyeong City Tour Bus. Perjalanan dari Gapyeong Station ke Nami Island Wharf mirip dengan jalanan Puncak: berkelok dan menanjak. Mana saya berdiri gelantungan karena kursinya penuh terisi. 

Usut punya usut, Gapyeong City Tour Bus ngetem di halte yang berada tepat di pintu keluar Gapyeong Station. Bisnya seperti bis pariwisata ber-AC, ada stiker bunga warna-warni dengan background hijau di bagian belakang bis. Nggak perlu menyebrang ke halte seberang karena itu halte bis umum/reguler.

Tiket masuk Nami Island (branding-nya Naminara Republic) seharga KRW13.000, termasuk akses naik ferry dari Gapyeong Wharf ke Nami Island. Ferry ini berangkat setiap 30 menit sekali dan mengangkut sekaligus banyak penumpang.




Terus, apa yang ada di Nami Island? Yang jelas memorabilia dan patung tembaga pasangan Winter Sonata bisa ditemukan di sana. Selebihnya ada restoran, kafe, area bermain, toko souvenir, dan hamparan rumput dan pepohonan yang tentunya Insta-worthy.

Puas mengelilingi Nami Island dan menyantap bekal yang dibeli di 7-11, saya beranjak ke tujuan berikutnya, yaitu Petite France. Kali ini, saya berhasil naik Gapyeong Tour City Bus. Jangan lupa cermati jadwal bis karena jedanya sekitar satu jam. 

(Baca: Jajanan di Korea)



 
Ketika naik Gapyeong City Tour Bus, tiket dibayarkan kepada supir dengan uang tunai. Simpan tiket baik-baik karena harus diperlihatkan ke supir ketika naik bis kembali. 

Dengan mencermati jadwal bis, saya bisa memperkirakan waktu yang akan dihabiskan di Petite France. Hal ini akan berdampak pada jadwal saya selanjutnya supaya tidak kemalaman kembali ke Seoul. Selain itu, gara-gara bangun kesiangan, saya nggak punya waktu untuk mengunjungi The Garden of Morning Calm yang juga berada di Gapyeong.










5 comments:

  1. Walaaah, sempet salah naik bis ya Win.. Tapi jadi pengalaman yes.. Baguus foto-fotonya.. Nami Island masih jadi magnet wisata di Korea ya.. Sayang juga kalo udah ke sana tapi gak ke Nami

    ReplyDelete
  2. aku juga tahun lalu smpat ke Nami,, seru bgt disana meskipun pas kesana pohon-pohonnya tak berwarna merah dan kuning padahal lg Autumn pas kesana T.T kata orang Lokal krna sering hujan jd rontok huhuhu pengen lagi deh kesana tahun ini (amin)


    // BEAUTY & TRAVEL BLOG by Ollyvia Laura : NEW POSTS EVERY WEEK //

    ReplyDelete
  3. Bersih dan rindang banget ya mbak. Aduh aku juga pengen banget ke Korea

    ReplyDelete
  4. wih jadi ingin deh berkunjung kesana.. Kayaknya bakalan seru tuh

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.